Tingkatkan Kualitas SDM, BBPP Batang Kaluku Laksanakan Pelatihan Sertifikasi

Makassar, Nusaline.com – Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batang Kaluku, melaksanakan kegiatan Sertifikasi, sebagai upaya peningkatan kompetensi profesi Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian.

Kegiatan tersebut diperlukan sebagai uapaya keprofesian yang meliputi standarisasi dan akreditasi. Olehnya itu Pada Selasa (10/03/2020) kemarin, telah dibuka dua Pelatihan, yaitu Sertifikasi Alat dan Mesin Pertanian dan Sertifikasi Porfesi Fasilitator Tanaman Organik.

Kepala BBPP Batangkaluku, Dr. Sabir S.Pt mengatakan, untuk mencapai tujuan pertanian yang dicanangkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk mencukupi kebutuhan pangan 267juta jiwa, meningkatkan produksi pangan dan meningkatkan ekspor. Maka peningkatan profitas, Produksi, Perluasan area ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Pelakunya tidak lain yaitu, SDM Pertanian yang kompeten dan Profesional inilah tujuan dari sertifikasi, menciptakan SDM berkualitas,” kata Sabir, saat memberikan arahan pada saat pembukaan kegiatan sertifikasi, di Kantor BBPP Batang Kaluku, Jalan Malino, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Untuk itu, ia mengharapkan seluruh proses asesmen ini berjalan lancar dan semua peserta berhasil mendapatkan sertifikat dan diakui kompeten.

“Kepada seluruh peserta sertifikasi kedepannya mereka harus menghasilkan produk–produk yang berkualitas dan sesuai dengan standard operasional prosedur,” ucapnya.

“Saya percayakan sepenuhnya kepada asesor sertfikasi kali ini, karena mereka tidak hanya menguji peserta saja, tapi dapat menggali dan lebih meningkatkan potensi yang dimiliki peserta,” tambah Sabir.

Sementara itu, salah satu asesor Pertanian Organik berasal dari Polbangtan Malang, Sutoyo, SP., MP mengukapkan untuk menciptakan petani milenial diperlukan kompetensi dari setiap SDMnya.

“Menciptakan 2,5 Juta Petani Milenial yang berorientasi ekspor, maka diperlukan orang-orang yang kompeten, untuk itu selama tiga hari kedepan seluruh peserta harus fokus dalam menjalankan kegiatan,” ujar Sutoyo.

Untuk diketahui, selain asesor Pertanian Organik berasal dari Polbangtan Malang, Sutoyo, pada kegiatan itu juga pihak BBPP Batang Kaluku menghadirkan asesor Alat dan Mesin Pertanian, Yoga Sugama.(Rls).

Tinggalkan Balasan