Soal Jembatan Jebol Di Barru, DPRD Sulsel Minta Segera Diperbaiki

Makassar, Nusaline.com – Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XIII Makassar, Miftachul Munir, menanggapi soal jebolnya Jembatan Bojo yang berlokasi di Kecamatan Bojo, Kabupaten Barru, pada Sabtu (15/02/2020).

Menurut Miftachul, sebelum kejadian itu, ada dua truk sama yang muatannya 600 sak pupuk yang dimana satu pupuk itu beratnya 50 kilo dan ditaksir berat total dari truk tersebut sekitar 30 ton.

Bacaan Lainnya

“Truk satu lolos, truk dua lolos, dan truk yang ketiga yang kemudian dia terpleset dan jebol,” kat Miftachul, usai mengikuti rapat kerja bersama Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provisi Sulawesi Selatan, di Tower DPRD, Makassar, Senin (17/02/2020).

Olehnya itu, kata dia, saat ini sedang dalam proses forensik, oleh Komisi Keselamatan Jembatan dan Trowongan Jalan (KKJTJ) dan juga dari Pusjatan, untuk melihat penyebab pasti kejadiannya serta menunggu rekomendasi dari tim tadi, terkait rencana perbaikannya.

“Cuman saat ini ya, indikasi dilihat dari muatannya itu melebih standar yang ada. Itu kondisi yang saya jelaskan tadi saat rapat kerja komsiia D DPRD Sulsel,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Sulsel, John Rende Mangontan menjelaskan, pada rapat tersebut pihaknya meminta agar perbaikan jembatan Bojo yang ada di Kabupaten Barru dapat segera diperbaiki.

“Ada tahapan yang harus dilalui adalah menilai kembali apakah jembatan masih sangat layak atau tidak dan kita masih menunggu hasil dari pada inventarisir dari orang yang punya kewenangan,” ucap John.

Lebih jauh, dia menginstruksikan, kepada semua instansi terkait agar segera menginventarisir kondisi jembatan disepanjang jalan nasional yang ada di Sulsel ini, sehingga tidak lagi terulang kejadian yang tidak diinginkan.

“Mungkin kita tetap mengacu pada aturan yang ada supaya beban maksimum kendaraan yang akan memuat dan melintasi dari pada jembatan itu sendiri tidak mengikuti ofer load agar tidak menimbulkan kejadian yang kemarin terjadi,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan