Relawan Pendidikan BAZNAS Bergiat di 2 Posko Terdampak Bencana Sulbar

Mamuju, nusaline.com-Relawan Pendidikan BAZNAS (RPB) kembali melanjutkan kegiatan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagi anak terdampak bencana Gempa Bumi di Mamuju Sulawesi Barat dengan tim berjumlah 8 orang, Minggu (07/02/21).

Para relawan berkoordinasi dengan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) dan diputuskan untuk dibagi menjadi 2 tim, tim pertama bersama tim BTB memberikan dukungan psikososial di desa kabiraan dan tim kedua melakukan aksi di Ruang Ramah Anak (RRA) BAZNAS pos Tajimane, Mamuju.

Bacaan Lainnya

Di pos pengungsian Tajimane, Relawan Pendidikan BAZNAS kembali mendekorasi Ruang Ramah Anak (RRA) untuk persiapan peresmian yang telah didirikan oleh BTB sekaligus mengajak anak-anak penyintas melakukan berbagai permainan seperti bermain lego, permainan menguji konsetrasi anak-anak dan mengajar anak-anak membaca Al-Quran.

Sekitar 29 orang anak anak penyintas mengikuti kegiatan tersebut dengan sangat antusias dan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M sesuai anjuran pemerintah dengan memakai masker , mencuci tangan dan menjaga jarak.

Sebelum kembali ke posko relawan melanjutkan kegiatan shalat maghrib dan isya berjamaah bersama anak-anak di tenda mushola darurat yang telah didirikan oleh BTB.

“Terima kasih kakak-kakak BAZNAS sudah hadir untuk menghibur dan mengajarkan kami banyak hal, saya senang karena ada yang bisa ngajar ngaji dan shalat, kakak tinggal lama-lama ya disini supaya ada yang ajar kami terus” Ungkap Fika Wulan sari yang merupakan adik penyintas berusia 11 tahun dan duduk di kelas 5 SD.

Sementara itu, tim kedua membuka titik intervensi baru yang berada di pos pengungsian Desa Kabiraan Kecamatan Ulumanda. Posko Kabiraan berjarak kurang lebih 34 km dari posko Kecamatan Tappalang, Relawan Pendidikan BAZNAS melakukan assesmen pre test dengan metode Critical Insident Stress Management (CISM) untuk mengetahui tingkat stress pada anak.

Dukungan psikososial ini diikuti oleh 40 anak, kegiatan diawali dengan penerapan 3M kepada Anak-anak, yaitu dimulai dengan pengaturan barisan atau memberi jarak pada masing-masing anak, mencuci tangan dengan 6 langkah menggunakan handsanitizer yang disemprotkan ke telapak tangan, dan memakaikan masker.

Kegiatan ini berlangsung di dalam tenda RRA yang telah sediakan BTB. Sebelum berkegiatan anak-anak di data terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan melakukan Psikososial melalui kegiatan menyanyi bersama, dan bermain origami.

Pada kegiatan ini, BTB juga turut menyalurkan paket permainan untuk mendukung kegiatan Posko Ramah Anak.

Beragam permainan dan aktivitas dilakukan untuk menghibur adik-adik yang berada di POS pengungsian, tujuannya adalah agar mereka ceria kembali dan tildak larut dalam kesedihan atas kejadian bencana yang pernah mereka alami.

Menutup kegiatan hari ini , Relawan Pendidikan BAZNAS Berbagi Vitamin dan Susu UHT sebanyak 40 paket

Tinggalkan Balasan