PKM Dosen FP UMI Latih Cara Pengolahan Buah Pisang Menjadi Sale Bagi Kelompok Tani Ash Sam Kabupaten Sidrap

Makassar, nusaline.com

Pisang merupakan salah satu komoditi buah tropis yang cukup potensial di Kelurahan Rappang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap. Selama ini masyarakat hanya memanfaatkan buah pisang dan jantung pisang sebagai olahan pangan.

Pemanfaatan buah pisang selama ini hanya terbatas pada buah meja dan pisang goreng, sedangkan pemanfaatannya ke produk sale pisang belum dilakukan.

Oleh karena itu sebagai Lokasi Mitra Pengabdian Kepada Masyakat (PKM) dosen Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Dr.Ir. Nurliani, MSi dan Ir. Suraedah Alimuddin, MP memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam hal pengolahan hasil-hasil pertanian khususnya dalam pengolahan pisang menjadi sale pisang.

Peserta penyuluhan dan pelatihan ini di ikuti 25 orang  dari  anggota Kelompok Tani Ash Sam, Kelurahan Rappang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap. Materi penyuluhan meliputi, uraian tentang manfaat buah pisang, cara pengolahan buah pisang menjadi sale pisang.

Target yang diharapkan dari pelaksanaan PKM adalah terciptanya metode pembuatan sale pisang dengan berbagai variasi citarasa. Meningkatkan pemanfaatan buah pisang sehingga akan mendorong peningkatan nilai ekonomi buah pisang.

Dengan teknologi pengolahan yang sederhana, pisang dapat diolah menjadi sale pisang yang dapat menjadi makanan cemilan keluarga yang memiliki nilai gizi dan lebih awet dibandingkan olahan lainnya serta mendatangkan pendapatan tersendiri bagi keluarga.

Tinggalkan Balasan