Pilkada Serentak, Ketua KASN RI Tegaskan ASN Harus Tetap Netral

Makassar, Nusaline.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Makassar bersama Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menyelenggarakan jalan santai, di Jalan Boulevard Makassar, Minggu (08/03/2020).

Jalan sehat yang dirangkaikan dengan Kampanye Publik Deklarasi Netralitas ASN . Diikuti sebanyak 300 Peserta dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Ketua KASN RI Agus Pramusinto, Komisioner KASN RI, Sekretaris Daerah Provinsi Se regional Sulawesi, Maluku, Jawa Barat dan Banten, Sekretaris Daerah Kab/Kota se regional Sulawesi, Maluku, Jawa Barat dan Banten, Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar, Ketua dan Pimpinan Bawaslu Prov. Sulawesi Selatan, Ketua KPU Prov. Sulawesi Selatan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah pelanggaran yang dilakukan oleh ASN di Pemilihan Serentak Tahun ini, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa ASN akan bersikap netral dan tidak berpihak kepada salah satu calon Kepala Daerah.

Ketua KASN RI, Agus Pramusinto dalam sambutannya menekankan ASN harus netral dan tidak boleh berpihak kepada salah satu pasangan calon kepala daerah pada kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di SulSel.

“Kami ingin seluruh ASN, media dan seluruh masyarakat bisa menjaga Pemilihan Serentak ini dengan baik dan semua pihak bisa melakukan kontrol sosial,” imbuh Agus,

Senada, Wakil Gubernur SulSel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bahwa semua ASN vaik dalam lingkup pemerintah provinsi (Pemprov) maupun pemerintah Kabupate Kota untuk teyap netral dalam pergelaran Pemilihan Serentak Tahun ini.

“Saya yakin bahwa ASN kita semuanya netral”, Ucap Sudirman

Ia menambahkan bahwa Pemimpin yang terpilih di setiap Kabupaten Kota nantinya merupakan pemimpin yang betul-betul murni dipilih oleh hati nurani rakyat bukan dengan paksaan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Makassar, Nursari mengungkapkan, acara ini bertujuan untuk menunjukkan ke publik dan masyarakat bahwa Bawaslu Kota Makassar siap melakukan pengawasan dan penindakan kepada ASN yang tidak netral.

“Kami optimis bahwa ini lah momentum bahwa ASN bisa netral dalam pergelaran Pemilihan Serentak Tahun ini. Acara ini juga memberikan komitmen moral ke semua stakeholder yang terlibat untuk siap bersama Bawaslu untuk mengawal Pemilihan Serentak yang sehat, benar dan netral”. Tutup Nursari. (RLS)

Tinggalkan Balasan