KFNI Bersama YPMIC, Bahas Isu Perdamaian di SulSel

Makassar, Nusaline.com – Kaiciid Forum Network (KFN) Indonesia bekerjasama dengan YPMIC, menggelar dialog yang dirangkaikan dengan makan malam bersama puluhan pegiat lintas iman dan lintas organisasi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aerotel Smile Hotel, pada Senin (9/3/2020) kemarin. Menghadirkan dua fasilitator terbaik, yakni Wiwin Siti Aminah (Co-Founder Srili Jogja) dan Amanah Nurish (Antropolog Agama UI).

Dalam manterinya kedua fasilitator memandu para peserta untuk memetakan masalah intoleransi dan diskriminasi di Sulawesi Selatan serta peran-peran penting organisasi masyarakat sipil untuk memperkuat agenda perdamaian.

Nurish mengatakan bahwa salah satu agenda penting untuk memperkuat perdamaian adalah dengan cara menggalakkan narasi damai di media sosial.

“Pengaruh media sosial memiliki dampak pada praktek diskriminasi dan intoleransi. Olehhya penting untuk mengkampanyekan narasi damai di dunia digital,” Kata Nurish.

Olehnyan itu, Ia mendorong, para kelompok lintas iman agar memperbanyak paguyuban dan perjumpaan, serta pentingnya mengawal bentuk-bentuk kebijakan publik sehingga berpihak pada kelompok minoritas.

Ditempat yang sama, Wiwin mengapresiasi dan juga memberikan semangat kepada para aktivis lintas iman yang terus menerus berusaha mengupayakan persemaian narasi damai.

“Gerakan selama ini yang kawan-kawan lakukan memunculkan adanya optimistisme dan keinginan yg kuat, untuk menciptakan kehidupan damai nan adil,” tutupnya.

Sekedar diketahui, peserta dialog semalam, dibagi menjadi dua kelompok dimana setiap kelompok harus memaparkan hasil diskusinya yang kemudian akan ditarik kesimpulan bersama diakhir diskusi.(Rls)

Tinggalkan Balasan