GP Ansor Kota Makassar Sayangkan Penolakan Jenazah Pasien Covid-19

Muh Harun Alrasyid, Ketua Gerakan Pemudah (GP) Ansor Kota Makassar

Makassar, Nusaline.com – Ketua Gerakan Pemudah (GP) Ansor Kota Makassar, Muh Harun Alrasyid menyayangkan terjadinya penolakan terhadap pemakaman jenazah pasien Covid-19 atau Coronavirus baru yang terjadi dibeberapa tempat di Kota Makassar.

Menurut Harun, kejadian tersebut seharusnya tidak boleh terjadi. sebab, menurut syariat islam menghormati jenazah merupakan sebuah kewajiban.

Bacaan Lainnya

“Kami sangat sayangkan hal ini bisa terjadi karena dalam pandangan syariat Islam, jenazah itu wajib dihormati juga harus dimandikan dengan bersih dan suci, dikafani kemudian dikubur dengan penuh penghormatan dan penghargaan terhadap jenazah,” kata Harun, Senin (13/4).

Ia mengunkapkan, penolakan ini muncul karena masih kurangnya edukasi terkait penanganan covid-19, sehingga sebahagian masyarakat yang belum paham terkait protokol penanganan jenazah pasien covid 19, menolak pemakam terhadap jenazah tersebut.

Selain itu, kata dia, masih ada sebagian masyarakat yang menganggap bahwa jenazah akibat covid-19 bila dimakamkan, maka virus itu langsung menyebar disekitarnya, padahal tidak seperti itu.

Ia juga menambahkan, rumah sakit tentunya telah menggunakan standar medis dalam menangani jenazah akibat covid 19 salah satunya membungkus jenazah dengan plastik sehingga terjamin keamanannya.

“Jenazah akibat covid 19 itu apabila ditangani sesuai SOP maka tidak ada masalah, tidak bahaya, karena begitu virus itu ada di tubuh jenazah, di dalam tanah itu virus langsung mati, tidak akan ke mana-mana,” ucapnya

Pandemi Covid-19 ini, memang membuat kepanikan di masyarakat. sehingga bila ada jenazah, maka dengan mudahnya diasumsikan terkena virus corona padahal belum tentu seperti itu.

Sementara itu, tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 dan juga ikut terpapar mengalami hal yang sama. Padahal, seharusnya merekalah harus dihargai karena pengorbanannya merawat pasien.

“Mari kita doakan saudara kita yang meninggal karena covid-19 ini Insyaallah syahid, yang sementara terpapar virus segera sembuh dan yang sehat selalu sehat dan dijauhakan dari virus,” tuturnya.

Olehnya itu, GP Ansor Kota Makassar telah membentuk Gugus penanganan covid 19 dan siap berpartisipasi membantu pemerintah kota untuk mengedukasi masyarakat, membagikan masker gratis, handsinetizer, penyemprotan disinfektan di beberapa titik dan lainnya.

“Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua dan wabah Covid-19 ini segera berakhir, Aamiin,” harapnya.(Rls)

Tinggalkan Balasan