DPRD Sulsel Bakal Berkunjung Ke 12 Daerah Yang Akan Berpilkada

Makassar, Nusaline.com – Beberapa waktu lalu, Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Povinsi Sulawesi Selatan, melakukan kunjungan ke daerah yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, pada 23 September 2020 mendatang.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Rahman Pina, menjelaskan bahwa Kunjungan tersebut dalam rangka memastikan bagaimana kesiapan di daerah menyambut kontestasi Pilkada tersebut.

Bacaan Lainnya

“Ini untuk mengantisipasi keamanan Pilkada. Kita minta pemerintah daerah untuk berkomunikasi dengan aparat terkait, (Komisi Pemilihan Umum) KPU dan (Badan Pengawas Pemilu) Bawaslu,” kata Ranman Pina, ditemui di Tower DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo Makassar, Jumat (21/02/2020).

Selain itu, kata Rahman Pina, komunikasi yang baik antara Stakeholder juga sangat diperlukan, untuk mengatisipasi kemungkinan munculnya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perhelatan pilkada nantinya.

“Jadi, ini sangat kita antisipasi karena setiap event politik pasti sasarannya adalah KPU, inilah yang kita di komisi A antisipasi betul,” tuturnya.

Lebih jauh, politisi asal Partai Golkar itu menjelaskan, seperti pada kunjungan di Barru, pihak Komisi A juga menyoroti terkait Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP Elektronik, yang nanti digunakan di dalam Pilkada.

“Di Barru kemarin itu masih ada beberapa orang yang belum miliki e-ktp, inilah yang akan kita akan sampaikan ke pusat agar di fokuskan pada daerah yang akan berpilkada, jangan sampai karna persoalan e-ktp dan surat keterangan menjadi masalah,” tukasnya.

Untuk itu, lanjutnya, dalam waktu dekat, pihaknya akan mendatangi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menyampaikan persoalan itu, semoga di 12 daerah yang akan berpilkada ini bisa berjalan lancar.

Sementara itu, rencananya Komisi A DPRD Sulsel bakal melakukan kunjungan ke 12 Kabupaten Kota yang ada di Sulsel, terkhusus bagi daerah yang akan berpilkada nanti.

“Kita juga akan kunjungi semua daerah yang akan berpilkada, tapi kalau toh tidak kita kan panggi daerah yang tidak sempat kita kunjungi untuk rapat dengan komisi A,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan