Dosen FP UMI Mengelar Pelatihan Pengolahan Buah Pisang Menjadi Keripik Aneka Rasa di Kabupaten Sidrap

Sidrap, nusaline.com

Komoditi-komoditi unggulan Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) pada sektor Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura diantaranya adalah tanaman pisang.

Konsumsi  pisang  di  Indonesia umumnya dan khususnya di  lokasi mitra, kebanyakan dikonsumsi  langsung  (segar)  seperti pisang  Ambon,  Raja,  Mas,  dan  Barangan.   Namun  tidak  sedikit  yang mengkonsumsi  dalam  bentuk  olahan  seperti  keripik,  sale  pisang,  kolak, digoreng  atau  direbus.

Oleh Sebab itu Dosen Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Dr. Ir Nuraeni, MP memberikan pelatihan Pengolahan Buah Pisang Menjadi Keripik Aneka Rasa kepada Kelompok Tani “Sinar Harapan” Di Kelurahan Lalebata Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap .

Kegiatan Pelatihan yang dilakukan dengan Mitra PKM ini dalam rangka pengabdian kepada masyarakat yang mana salah satu upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani dalam hal pengolahan hasil hasil pertanian khususnya dalam hal pembuatan keripik pisang.

Dr.Ir.Nuraeni, MP menjelaskan bahwa cara membuat keripik pisang bisa dikatakan gampang karena buah pisang sendiri merupakan buah yang tidak mengenal musim atau selalu ada setiap saat.  Tidak perlu untuk menunggu musim tertentu untuk memanen buah pisang.

“Sebenarnya kalau dibandingkan dengan olahan pisang yang lain, membuat keripik pisang mudah dilakukan dengan peralatan sederhana. Keripik pisang memiliki banyak variasi seperti keripik pisang asin, keripik pisang manis, keripik pisang coklat, dan masih banyak lagi lainnya.”ungkapnya.

Peserta penyuluhan diikuti 20 orang  yang berasal dari  anggota Kelompok Tani “Sinar Harapan” Di Kelurahan Lalebata Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap. Materi penyuluhan meliputi: uraian tentang manfaat buah pisang, cara pengolahan buah pisang menjadi keripik dan analisis ekonominya.

Tinggalkan Balasan