Dosen FP UMI Melatih Masyarakat Dalam Pembuatan Pupuk Yang Ramah Lingkungan

Takalar, nusaline.com

Dosen Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar,  memberikan Pelatihan Pembuatan dan Penerapan  Teknologi  Ramah Lingkungan kepada Masyarakat  di Desa Sanrobone  Kecamatan Sanrobone  Kabupaten Takalar, Kamis (29/09/2019).

Pelatihan ini diberikan langsung oleh  Dr. Ir.Hj. Netty . s.Said,  M.Si Dosen Fakultas Pertanian UMI,   yang mana dalam sambutanya  mengatakan bahwa  tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah  untuk melatih masyarakat dalam pembuatan pupuk organik dan pupuk hayati berupa  Rhizobacteri.

“Tujuan diadakan pelatihan ini untuk melatih masyarakat  agar mampu membuat pupuk organik yang dapat diaplikasikan pada lahannya.”sambutnya

Dan dia berharap dengan pengunaan pupuk yang ramah lingkungan ini dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia pada tanaman.

“ Semoga dengan Penggunaan pupuk yang ramah lingkungan ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia pada tanaman, sehingga dapat  mengurangi dampak buruk dari bahan kimia bagi manusia dan lingkungan. Selain itu, penggunaan pupuk organik yang dibuat dari bahan yang ada di lingkungan masyarakai ini akan mengurangi biaya produksi pertanian” harapnya

Dia menambahkan bahwa cara pembuatan pupuk organik ini tidaklah sulit caranya yaitu: pembuatan biang  1 kg bambu +3 liter air +gula pasir ½ Kg + air kelapa 2 liter. Semua bahan ini dicampur rata lalu didiamkan selama 2-3 hari.

Sejumlah masyarakat didesa Sanrobone diantaranya  para petani  dan ibu-ibu sangat antusias mengikuti pelatihan ini. (usm)

Tinggalkan Balasan