Beri Kuliah Umum Di UIN, Ini yang Disampaikan Kepala BPIP RI

Makassar, Nusaline.com – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Prof Yudian Wahyudi mengunkapkan bahwa sumber dan tujuan Pancasila itu dapat dengan mudah ditemukan di kitab suci ke enam agama yang diakui secara konstitusional oleh Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Yudian saat memberikan memberikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang diberi tema “Penguatan Ideologi Pancasila”, di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat UIN Alauddin Makassar, Romangpolong, Kabupaten Gowa, Rabu (11/3/2020).

Bacaan Lainnya

“Perintah bertuhan ada di enam agama itu, perintah berkemanusiaan, perintah bersatu, perintah bermusyawarah-bermufakat, dan perintah berkeadilan ada di dalam kitab-kitab itu, maka jadilah Pancasila itu religius,” kata Yudian.

Namun untuk mewujudkan hal tersebut, kata Yudian, maka dibutuhkan beberapa cara, seperti melibatkan siapa, kapan, dimana, berapa anggarannya, dan apa materinya.

“Nah itulah maksudnya, kita butuh kekinian, kedisinian, pelibatan kemanusiaanya,” tambhanya.

Ditempat yang sama, Rektor UIN Alauddin, Prof Hamdan Juhannis, mengatakan bahwa kehadiran Prof Yudian adalah untuk memberikan penguatan wawasan Pancasila bagi civitas akademik UIN Alauddin Makassar, khususnya para CPNS dan mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi dari negara.

Olehnya itu, sebut Prof Hamdan, untuk menguatkan ideologi Pancasila harus senantiasa mengikuti perkembangan zaman dan tren generasi milenial.

“Kita ini kan sudah hidup di zaman milenial, maka agenda penguatan Pancasila ini tidak boleh lagi menggunakan cara-cara era kolonial” candanya.

Sekedar informasi, agar kerjasama antara UIN Alauddin dan BPIP dapat berkelanjutan. Maka kampis UIN Alauddin berencana ingin mendirikan laboratorium Pancasila di UIN Alauddin Makassar.

Selain itu, hadir pada kuliah umum tersebut para wakil rektor, rekan sejajaran, dosen, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi UIN Alauddin Makassar.(Rls)

Tinggalkan Balasan