Anwar Abubakar Sebut MTQ Ke-31 Tingkat Provinsi Sulsel Bisa Jadi Rujukan MTQ Virtual

Pangkep, nusaline.com- 49 tahun silam, tepatnya tahun 1971, Kabupaten Pangkajene Kepulauan bertindak sebagai tuan rumah Musabakah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-2 Tingkat Prov. Sulawesi Selatan.

Malam ini, momentum itu kembali terulang, yaitu dibukanya secara resmi pelaksanaan MTQ ke-31 Tingkat Provinsi oleh Gubernur Sulawesi Selatan HM. Nurdin Abdullah (NA). Jumat 28 Agustus 2020.

Pembukaan MTQ ke-31 di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep ini dihadiri secara terbatas oleh tamu undangan, namun diikuti dan disaksikan oleh masyarakat di 24 Kabupaten / Kota se-Sulawesi Selatan bahkan di seluruh dunia melalui aplikasi Zoom meeting dan live streaming.

Ketua Panitia MTQ ke-31 Andi Ilham Zainuddin melaporkan bahwa MTQ di Pangkep kali ini mempertandingkan 8 Cabang lomba yang terbagi dalam.22 golongan cabang lomba, dan diikuti oleh 1035 peserta yang akan dinilai oleh 30 anggota Dewan Hakim.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sulsel, H. Anwar Abubakar dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan agar kita tetap menjalankan syiar islam.di Sulawesi Selatan dan untuk memilih dan memilah qori – qoriah serta mufassir-mufassirah yang akan mewakili Susel pada MTQ Nasional di Sumatra Barat akhir tahun ini.

“Banyak.yang pesimis dengan keberanian Sulsel menggelar MTQ ini secara virtual, namun Sulsel.akan menjadi rujukan bagi 18 provinsi lainnya di Indonesia yang belum melaksanakan MTQ jika kegiatan ini berhasil,”ungkap Anwar Abubakar yang disambut aplaus oleh hadirin.

Alqur’an adalah mujizad, kata Anwar Abubakar, sehingga menurutnya, berkah yang ada padanya akan membuat situasi dan kondisi pademi covid-19 ini Insya Allah dapat segera berlalu.

Gubernur NA sebelum memukul beduk tanda dimulainya perhelatan MTQ ke-31 ini, mengatan bahwa MTQ yang diikuti secara virtual oleh kafilah dari 24 Kabupaten / Kota se-Sulawesi Selatan adalah merupakan momentum strategis dalam rangka meningkatkan kapabilitas umat Islam, disamping juga sebagai ajang menampakkan prestasi maksimal dalam melantunkan ayat-ayat suci Alquran sekaligus membumikan Alquran.

“Harapan saya, MTQ yang dilaksanakan secara virtual akibat pandemi cobid 19 ini tidak mengurangi semangat para peserta, karena MTQ ini justru disaksikan oleh banyak orang dibanding MTQ sebelumnya. Bahkan dapat disaksikan diseluruh dunia secara live,”ujar NA menambahkan.

Usai sambutan, NA didampingi Kakanwil Kemenag Sulsel, Bupati Pangkep dan Ketua Panitia Pelaksana memukul beduk tanda dibukanya secar resmi MTQ ke-31 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

Tampak hadir pada acara pembukaan ini, Bupati dan Wakil Bupati Pangkep, para pejabat Forkopimda Kab.Pangkep, Kabiro Kesra Setda Prov.Sulsel, Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Sulsel dan para Kepala OPD Setda Kab.Pangkep.

Seluruh rangkaian acara pembukaan MTQ ke-31 yang mengangkat tema “Dengan MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020 kita tingkatkan SDM yang unggul untuk mewujudkan generasi Qur’ani” ini, diakhiri dengan pembacaan doa oleh Kakan Kemenag Kab.Pangkep Dr.H.Jamaruddin.

Tinggalkan Balasan