Jum. Sep 20th, 2019

NusaLine

Garis Info Nusantara

647 Mahasiswa UIM Ikut Pembekalan KKN

2 min read

Makassar, nusaline.com

Uiversitas Islam Makassar (UIM) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menggelar pembekalan peserta Kuliah Kerja Nyata pada 22-23 Agustus 2019, yang bertempat di Auditorium KH Muhyiddin Zain UIM, Kamis (22/8/2019).

Ketua LPPM UIM Dr Musdalifah dalam laporannya mengungkapkan bahwa mahasiswa yang akan mengikuti KKN tahun ini adalah 647 peserta yang akan disebar di tiga kabupaten yaitu Maros, Pangkep dan Luwu Utara.
“Peserta akan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu KKN Tematik DSM sebanyak 60 orang yang bekerjasama dengan Kementerian Sosial, kemudian KKN Tematik Transmigran sebanyak 30 orang yang bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dan sisanya akan ditempatkan di kabupaten Pangkep dan Maros yang tersebar di 7 Kecamatan dan 43 selama 45 hari,”ujar Musdalifah.

Disisi lain seluruh peserta KKN akan mendapatkan materi yakni, KKN sebagai bagian dari proses akademik, penguatan nilai-nilai budaya Islami di masyarakat, Arti dan tujuan KKN UIM dalam meningkatkan profesionalisme peserta didik, Eksistensi pelaksanaan KKN UIM, Pengabdian masyarakat dalam perspektif Aswaja dalam pelaksanaan KKN, dan Etika profesi dan penjelasan umum pelaksanaan KKN.

Sementara itu, Rektor UIM, Majdah M Zain yang hadir membuka dalam sambutannya mengungkapkan, KKN merupakan salah satu bentuk implementasi dari tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat.

”Kami berharap ananda sekalian menjaga nama baik almamaternya, selain itu jadilah duta UIM yang membawa misi akademik dan mencerdaskan masyarakat setempat, Tentunya tanpa mengindahkan tradisi masyarakat setempat, dan menjadi penebar kedamaian sebagaimana dalam ajaran Islam Ahlusunah Wal Jamaah Annahdliah”ujar Majdah.

“Kami berharap, mahasiswa juga dapat mengembangkan potensi desa yang ada di daerahnya,”lanjut Majdah.

Tampak hadir Wakil Rektor I Prof. Arfin Hamid, Wakil Rektor II Saripuddin Muddin, Wakil Rektor III Abd Rahim Mas P Sanjata, dan segenap pimpinan Fakultas dan Pascasarjana serta para dosen supervisor KKN UIM.

Tinggalkan Balasan