Ming. Jul 21st, 2019

NusaLine

Garis Info Nusantara

Kitab Shahih Bukhari, Wiridan KH Hasyim Asy’ari Tiap Ramadhan

4 min read

nusaline.com – Sebuah riwayat mengungkapkan bahwa ketika mengajar ngaji kitab hadits, KH Hasyim Asy’ari belakangan baru tahu bahwa di tengah barisan santrinya terdapat KH Cholil Bangkalan sedang ikut mengaji. Ya, kepakarannya di bidang hadits diakui oleh gurunya itu. Bahkan Mbah Cholil tidak segan-segan berguru tentang ilmu hadits kepada Kiai Hasyim Asy’ari.

Setelah pengajian kitab hadits tersebut selesai, seluruh santri beranjak, begitu juga dengan Mbah Cholil Bangkalan. Pemandangan bersahaja dan tawadhu’ terlihat, yakni ketika Mbah Cholil hendak meraih sandalnya. Namun, Kiai Hasyim Asy’ari berhasil mendahului untuk meraih sandal gurunya itu. Kemudian ia memakaikannya pada kedua telapak kaki Mbah Cholil dengan penuh rasa hormat.
Pendiri jami’yyah Nahdlatul Ulama itu menurut catatan KH Saifuddin Zuhri dalam Berangkat dari Pesantren(2013: 202) yang didapatkannya dari para ulama alumnus Tebuireng, Hadhratussyekh KH Hasyim Asy’ari—seperti kebanyakan ulama di Indonesia—termasuk golongan fuqaha. Artinya orang yang sangat dalam penguasaannya tentang ilmu-ilmu keislaman.
Di samping itu, masih menurut catatan Kiai Saifuddin Zuhri, ia juga terkenal sebagai ulama ahli hadits. Sudah menjadi wiridan (kebiasaaan rutin) tiap bulan Ramadhan, Hadhratussyekh membaca kitab hadits al-Bukhari, kitab kuning berisi himpunan hadits Nabi Muhammad sebanyak 7.275 hadits.
Banyak ulama yang datang dari berbagai pelosok tanah air untuk mondok di Tebuireng selama bulan Ramadhan untuk menyimak bacaan hadits KH Hasyim Asy’ari. Kepakarannya terlihat bukan hanya ketika ia membaca kitab hadits dengan cermat dan cepat, tetapi juga ketika Hadhratussyekh mengontekstualisasikan dengan dinamika kehidupan dan perubahan zaman.
Zuhairi Misrawi dalam Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari: Moderasi, Keumatan, Kebangsaan (2010) merupakan salah satu pemilik sanad Kitab Hadits Shahih Bukhari dan Shahih Muslim. Ini menunjukkan bahwa KH Hasyim Asy’ari telah hafal ribuan hadits yang diperoleh dari guru-gurunya dengan sanad keilmuan yang jelas. Geneologi atau sanad sebuah kitab tidak bisa diijazahkan kepada seseorang tidak menguasai dan memahami kitab tersebut.
Perihal Kiai Hasyim Asy’ari yang telah hafal ribuan hadits ini ditegaskan oleh Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Ubaidullah Shodaqoh (2019). Bahkan menurut Kiai Ubaidullah, kealiman Kiai Hasyim Asy’ari mendekati tingakatan seorang mujtahid. Mujtahid dapat dikatakan ialah orang yang -dengan ilmunya yang tinggi dan lengkap- telah mampu menggali dan menyimpulkan hukum-hukum Islam dari sumber-sumbernya yang asli seperti Al-Qur’an dan Hadits.
Meskipun hafal ribuan hadits dan kealimannya mendekati level mujtahid, Kiai Hasyim Asy’ari masih memberikan ruang musyawarah dengan kiai-kiai di Jawa dan Madura seperti misalnya saat mencetuskan Fatwa Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 dalam rangka melawan agresi militer Belanda II.
KH Hasyim Asy’ari rahimahullah yang hafal beribu-ribu hadits, kealimannya mendekati mujtahid, tetapi untuk mengumumkan Fatwa Resolusi Jihad 22 Oktober 1945 yang telah beliau tulis masih mengundang ulama se-Jawa dan Madura. Hal ini merupakan teladan dan bentuk sikap tawadhu’ karena konteks perjuangan saat itu membutuhkan gagasan, pikiran, dan perjuangan kolektif seluruh elemen bangsa.
Terkait sanad kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim yang dipegang oleh KH Hasyim Asy’ari ini, R. Ahmad Nur Kholis (2017) mengungkap urutan sanad dua kitab hadits tersebut dari kitab Kitab Kifayatul Mustafid lima ‘ala minal Asanid karya Syekh Mahfudh Termas (ulama Nusantara asal Pacitan), salah seorang guru KH Hasyim Asy’ari saat belajar di Makkah. Berikut urutan sanad yang dimaksud:
Sanad Kitab Shahih Bukhari
Sanad Kitab Shahih Bukhari, dari KH Hasyim Asy’ari melalui jalur Syekh Mahfud Termas sampai kepada penulis hadits, yakni Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ismail Al-Bukhari yang terdiri dari jalur pertama dan kedua:
Jalur pertama:
1. KH Hasyim Asy’ari2. Dari Syaikh Mahfud Termas. 3. Dari Syaikh Muhammad Abu Bakar Syatha Al-Makki. 4. Dari Sayyid Ahmad Zaini Dahlan5. Dari Syaikh Utsman bin Hasan Ad-Dimyathi6. Dari Syaikh Muhammad bin Ali As-Syinwani7. Dari Syaikh Isa bin Ahmad Al-Barawi8. Dari Syaikh Muhammad Ad-Dafri9. Dari Syaikh Salim bin Abdillah Al-Bashri10. Dari ayahnya: Abdillah bin Salim Al-Bashri11. Dari Syaikh Muhammad bin Alaudin Al-Babili12. Dari Syaikh Salim bin Muhammad As-Sanhuri13. Dari Najm Muhammad bin Ahmad Al-Ghaytho14. Dari Syaikh Al-Islam Zakariya bin Muhammad Al-Anshari15. Dari Al-Hafidh Ahmad bin Ali bin Hajar Al-Asqalani16. Dari Ibrahim bin Ahmad At-Tanukhi17. Dari Abil Abbas Ahmad bin Thalib Al-Hajar18. Dari Husain bin Mubarak Az-Zabidi Al-Hambali19. Dari Abil Waqt Abdil Awwal bin Isa As-Sijzi20. Dari Abil Hasan Abdul Rahman bin Mudzaffar bin Dawud Ad-Dawudi21. Dari Abi Muhammad Abdullah bin Ahmad As-Srakhsi22. Dari Abi Abdillah Muhammad bin Yusuf bin Mathar Al-Firabri23. Dari Penyusunnya (orang yang menghimpun hadits), yakni: Al-Imam Al-Hafid Al-Hujjah Abi Abdillah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim Al-Bukhari
Jalur kedua:
1. KH Hasyim Asy’ari2. Dari Syaikh Mahfudz Termas3. Dari Sayyid Husain Al-Habsyi4. Dari Ayahnya Muhammad Husain Al-Habsyi5. Dari Umar bin Abdul Karim Al-Attar6. Dari Sayyid Ali bin Abdil Bar Al-Wina’i7. Dari Abdil Qadir bin Ahmad bin Muhammad Al-Andalusi8. Dari Muhammad bin Abdillah Al-Idirsi9. Dari Al-Quthb Muhammad bin Alauddin An-Nahruwali10. Dari ayahnya11. Dari Abil Futuh Ahmad bin Abdillah At-Thawusi12. Dari Baba Yusuf Al-Hirawi13. Dari Muhammad bin Syadzikhat Al-Farghani14. Dai Abi Luqman Yahya bin Ammar Al-Khuttalani15. Dari Muhammad bin Yusuf Al-Farbary16. Dari Imam Muhammad bin Ismail Al-Bukhari
Sanad Kitab Shahih Muslim
Berikut ini adalah sanad kitab Shahih Muslim ini dari KH Hasyim Asy’ari sampai pada penulis kitab:
1. KH Hasyim Asy’ari2. Dari Syaikh Mahfud Termas. 3. Dari Syaikh Muhammad Abu Bakar Syatha Al-Makki. 4. Dari Sayyid Ahmad Zaini Dahlan5. Dari Syaikh Utsman bin Hasan Ad-Dimyathi6. Dari Syaikh Muhammad bin Ali As-Syinwani7. Dari Syaikh Isa bin Ahmad Al-Barawi8. Dari Syaikh Ahmad bin Abdil Fattah Al-Malawi9. Dari Syaikh Ibrahim bin Hasan Al-Kurdi10. Dari Syaikh Ahmad Muhammad Al-Qasyasyi11. Dari Syaikh As-Syams Muhammad bin Ahmad Ar-Ramli12. Dari Syaikh Zain Zakariya Muhammad Al-Anshari 13. Dari Syaikh Abdirrahim bin Al-Furath14. Dari Syaikh Mahmud bin Khalafiyah Ad-Dimasyqi15. Dari Al-Hafidh Abdil Mu’min bin Khalaf Ad-Dimyati16. Dari Syaikh ABil Hasan Al-Muayyad bin Muhammad at-Thusi17. Dari Syaikh Abi Abdillah Muhammad bin Fadhil Al-Farawi18. Dari Syaikh Abdil Ghafir bin Muhammad Al-Farisi 19. Dari Syaikh Abi Ahmad Muhammad Al-Juludi20. Dari Syaikh Ibrahim bin Muhammad bin Sufyan An-Naisaburi21. Dari Imam Al-Hafidh Abil Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim Al-Qusyairi An-Naisaburi (penyusun) 
(Fathoni/NU Online)

Tinggalkan Balasan