Rab. Sep 18th, 2019

NusaLine

Garis Info Nusantara

Gus Must: Kiyai yang Alim Tidak Mau Disebut Ulama

1 min read

Siapa yang tidak kenal dengan tiga sosok tokoh yang ada dalam foto ini? Tokoh-tokoh ini adalah orang yang kita kenal dengan sebutan ulama. Orang yang amat tinggi ilmunya, tetapi ketawadhuan dan kebijaksanaannya juga tidak kalah tingginya.

Ya, tiga tokoh yang berfoto bersama KH Mustofa Bisri atau Gus Mus ini adalah kiai-kiai muda potensial: KH. Ubaidillah Shodaqoh (Rais NU Wilayah Jawa Tengah); KH. Syarofuddin Qoumas (Pengasuh PP. Raudlatut Thalibien Rembang); dan KH. Chatib Mabrur (Pengasuh Pesantren Al-Qur’an Raudlatut Thullab Rembang).

Foto ini diambil dari akun FacebookAhmad Mustofa Bisri. Dalam postingan tersebut, Gus Mus menulis captionbahwa mereka adalah sosok kiai yang sangat alim. Namun demikian, mereka semua tidak mau disebut sebagai ulama.

“Meski menurut ukuran ‘zaman now’, mereka ini orang-orang yang cukup alim (mereka bertahun-tahun belajar agama di pesantren), mereka malu dan tidak mau disebut –apalagi menyebut diri– ulama’. Karena mereka tahu definisi dan kreteria ulama,” tulis Gus Mus dalam akun Facebook-nya, pada Sabtu (4/5) hari ini.

Di era sekarang ini, sebuah era yang banyak orang menyebutnya sebagai ‘zaman now’, sebagian kalangan bahkan mengaku dirinya sebagai ulama. Padahal, riwayat keilmuan mereka masih tidak jelas. Bahkan ada sebagian dari mereka hanya mengandalkan media sosial sebagai referensi mereka dalam beribadah dan menyebarkan ajaran yang kadang tidak absah.

Tinggalkan Balasan