Rab. Sep 18th, 2019

NusaLine

Garis Info Nusantara

Pemilu 2019: Penyebab Situs KPU Sulit Diakses

1 min read

Jakarta, nusaline.com

Pencoblosan Pemilu 2019 telah selesai, banyak yang penasaran dengan hasil hitungan manual dengan mencoba akses ke situs Komisi Pemilihan Umum (KPU), tetapi tidak semua berhasil masuk.

Pantauan NusaLine.com situs KPU dapat diakses Kamis 18/4/2019 pukul 07.59 wib data yang masuk 866 dari 813.350 TPS atau 0.10647 persen.

Tidak mudah untuk akses situs KPU, padahal situs resmi ini banyak digunakan masyarakat untuk memantau aktivitas yang berhubungan dengan Pemilu 2019.

Pengamat malware dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, membenarkan soal down-nya situs tersebut. Dia juga kesulitan mengakses, baik melalui website maupun aplikasi. 

“Iya (situs down), saya juga berusaha akses dari kemarin pagi untuk mengetahui lokasi TPS pencoblosan tapi tidak bisa diakses. Diakses dari apps juga tidak bisa,” ungkapnya seperti yang diwartakan SINDOnews, Kamis (18/4/2019). 

Soal penyebabnya, menurut Alfons, kemungkinan karena data base server-nya yang memang sedang sibuk atau mengalami masalah. Selain itu, kurangnya jumlah bandwidth juga menjadi salah satu yang diduga menjadi penyebab down-nya server. 

Bandwidth-nya kurang, saat seluruh masyarakat yang ingin mendapatkan informasi pada saat yang bersamaan mengakses situs KPU guna mendapatkan informasi hasil perhitungan suara,” jelasnya.

Jika kemungkinan bandwidth tidak kurang, ada hal lain yang dia sebut menyebabkan situs down. Di antaranya, kegagalan sistem, sistem mengalami peretasan atau sistem diserang sehingga tidak mampu melayani dengan baik. “Serangan yang umum dilakukan adalah DDOS,” pungkasnya.

Penasaran dengan hasil pemilu 2019 bisa langsung masuk melalui link
http://pemilu2019.kpu.go.id tetap sabar untuk mencoba bila masih belum berhasil buka(*)

Tinggalkan Balasan