Jum. Sep 20th, 2019

NusaLine

Garis Info Nusantara

Tidak Golput Mampu Wujudkan Demokrasi yang Beradab

1 min read

Cilacap, nusaline.com

Demokrasi di negara Indonesia, menurut Budayawan Ahmad Tohari sudah beradab dan sesuai budaya dan tradisi orang Indonesia. Menjadi tidak beradab karena ada oknum atau pelakunya yang memang tidak beradab.

“Yang tidak beradab itu orangnya, bukan demokrasinya,” tegas Ahmad Tohari dalam  Seminar Kebangsaan di Aula Universitas NU Al Gazali Kesugihan Cilacap Jawa Tengah Rabu, (03/04/2019) seperti yang dilansir NU Online.

Untuk mewujudkan demokrasi yang beradab, lanjut pria yang akrab disapa Kang Tohari ini, seluruh elemen masyarakat harus pro-aktif menyukseskan agenda demokrasi di antaranya Pemilu dan Pilpres. Sehingga ia mengingatkan seluruh warga yang memiliki hak suara untuk tidak golput atau menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 17 April mendatang. 

“Semuanya (pemilu) sudah lengkap (sesuai prosedur dan peraturan undang-undang), masyarakat tinggal memilih dengan sesuka hati,” katanya. 

Penulis Ronggeng Duku Paruk itu juga berpesan kepada masyarakat untuk memilih siapapun atau partai apapun yang disukai dengan tidak menilai negatif pilihan yang berbeda.

“Tetapi, jangan memandang rendah atau menjelek-jelekkan yang tidak kita pilih,” tegasnya. 

Seminar yang bertajuk Menuju Demokrasi yang Berkeadaban tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari unsur mahasiswa, dosen serta tamu undangan dari berbagai ormas di Kabupaten Cilacap. 

Turut hadir pula sebagai pembicara, Ketua PBNU KH Marsudi Suhud dan Komisioner KPU Pusat Hasyim Asy’ari. (usm/NU Online)

Tinggalkan Balasan