Jum. Sep 20th, 2019

NusaLine

Garis Info Nusantara

Indeks Kepuasan Pelayanan Jamaah Haji Sudah Baik, Bagaimana Keabsahannya?

1 min read

Makassar, nusaline.com

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Makassar, H.M. Arsyad Ambo Tuo menyampaikan gagasannya saat bertindak sebagai Pembahas dalam kegiatan Workshop Diseminasi Pengawasan Aktifitas Efisiensi, Operasional dan Kemaslahatan Haji dengan Stakeholder Perhajian yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Republik Indonesia yang berlangsung di Ballroom Macora 2 Hotel The Rinra, Kamis (28/3/2019).

H.M. Arsyad menyampaikan “Alhamdulillah sebagaimana kita ketahui semua bahwa tiga tahun terakhir progres indeks kepuasan jamaah selalu mengalami peningkatan yang positif, dimana tahun ini kita sudah mencapai 85 persen indeks kepuasan jamaah yang di tahun sebelumnya berada pada angka 84 persen”.

Lebih dalam beliau mengungkapkan bahwa “Ada hal-hal yang kadang dianggap sepele namun sangat menentukan kemabruran ibadah haji seseorang, misalnya terkait dengan buta aksara Alquran, mandi wajib, tatacara bertayammum, tatacara berwudhu mulai dari niat, urutan wudhu itu sendiri, bahkan syarat dan rukun shalat. Demikian halnya ketika berada di dalam pesawat, banyak dijumpai oleh pendamping jamaah maupun ketua kloter, jamaah yang tidak tahu tata cara tayammum, tata cara shalat di pesawat, termasuk tatacara mengqasar shalat selama berada di dalam pesawat”.

Selain membahas pentinganya manasik, H.M. Arsyad juga mengusulkan penambahan petugas haji mengingat jumlah jamaah dalam satu pesawat semakin bertambah, sementara jumlah pendamping jamaah belum bertambah.

“Sebagai bahan pembanding pula bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah jamaah dalam satu pesawat sekitar 300 orang jamaah, namun sekarang, sudah mencapai 450 orang, sementara pendamping jamaah tidak bertambah” ungkapnya. (shr)

Tinggalkan Balasan