Jum. Sep 20th, 2019

NusaLine

Garis Info Nusantara

Bawaslu Kabupaten Maros melantik 1042 Pengawas Tempat Pemungutan Suara

1 min read

Maros, nusalin.com

Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maros melantik secara serentak 1042 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing Panwascam yang tersebar di seluruh Kabupaten Maros, Senin (25/3/2019).

Ketua Bawaslu Maros, Sufirman dalam sambutannya mengatakan, Pengawas TPS agar menjaga integritasnya dan menjalankan tugasnya penuh dengan tanggung jawab sebagai pengawas, serta memliki moral dan taat terhadap Undang Undang Kepemiluan.

“Saudara-saudara diberikan kesempatan oleh negara ikut serta dan berada pada posisi yang sangat strategis untuk menentukan kualitas dan perjalanan demokrasi. Sehingga integritas menjadi hal yang paling utama,” ujarnya.

Sufirman menuturkan, sebagai ujung tombak pengawasan pemilu, Pengawas TPS secara regulasi diberi kewenangan besar untuk mencegah, mengawasi, dan menindak dan menjadi salah satu struktur penentu kualitas Demokrasi.

“Karena dari semua rangkaian tahapan proses penyelenggaraan pemilu akan ditentukan di TPS pada tanggal 17 April 2019 mendatang, jadi peran penyelenggara Pemilu di tingkat TPS sangatlah penting khususnya pengawas TPS” ujarnya.

Selain aspek pengawasan, Sufirman juga menekankan kepada PTPS yang dilantik untuk aktif dalam mencegah potensi pelanggaran pemilu baik pada persiapan, pelaksanaan pemungutan, penghitungan suara, sampai pada pergerakan kotak suara, termasuk potensi terjadinya politik uang dan politisasi SARA.

“Dalam mensuksekan pemilu tahun 2019 ini, sangat diharapkan kerjasama dan keterlibatan semua pihak, untuk mecegah dan menjahui segala tindakan yang dapat merusak kualitas demokrasi kita dalam pemilu tahun 2019,” pungkasnya.(usm)

Tinggalkan Balasan