Jum. Agu 23rd, 2019

NusaLine

Garis Info Nusantara

Bawaslu Gowa Gencarkan Sosialisasi Pencegahan

1 min read

Gowa, nusaline.com

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gowa menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Pemilu Partisipatif yang di helat di Arthama Hotel Losari, Makassar, Minggu, (16/03/2019).

Kegiatan ini, dihadiri perwakilan Partai Politik (Parpol), se Kabupaten Gowa, Pengawas Kecamatan (Panwascam) se kabupaten Gowa, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Media dan Penggiat pemilu, dengan total peserta mencapai 75 orang.

Komisioner Bawaslu Gowa, Juanto, menyampaikan kegiatan ini dihelat untuk memberikan gambaran terkait kerawanan dalam pelaksanaan pemilihan umum, dan mengajak partisipasi masyarakat secara kesuluruhan untuk ikut mengawal pemilu serentak ini.

“Kami berikan gambaran kepada bapak dan ibu tentang kerawanan pemilu supaya dapat bersama-bersama mengawasi jalannya pemilu. Kita berharap pelaksanan pemilu makin berkualitas,” ujar Juanto dihadapan peserta rakor.

Pemateri didatangkan dari Penggiat Demokrasi, Abd Karim, ia menyampaikan pelanggaran pemilu harus dicegah untuk menjaga kualitas demokrasi.

“Pengawasan adalah kunci mengurangi keraguan atas hasil pemilu, jika proses pemilu sudah terawasi dengan baik, pemilu berjalan dengan lancar. Masyarakat harus ikut serta membangun iklim mengawasi dalam seleksi calon pemimpin. Kalau dari awal prosesnya tidak bagus pasti hasilnya juga tidak bagus, ini harus dicegah,” jelas eks Direktur Lapar Sulsel itu.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad mengatakan pihaknya tengah menyoroti netralitas ASN selama masa kampanye ini. Menurutnya, netralitas ASN berpotensi dilanggar. “Itupula menjadi salah satu fokus dalam sosialisasi pencegahan pelanggaraan pemilu di setiap daerah,” tandas akademisi Unhas itu.

Turut hadir pula, Ketua Bawaslu Gowa, Samsuar Saleh, Kelapa Sekretariat Bawaslu Gowa, Hatta Adam Fatta, dan jajaran Staf Bawaslu Gowa. (drj)

Tinggalkan Balasan