Jum. Sep 20th, 2019

NusaLine

Garis Info Nusantara

Tekad Husni Mubarok Majukan IPNU Tasikmalaya

2 min read

Jakarta, Nusaline.com

Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat Husni Mubarok menyatakan bakal fokus pada kaderisasi di tingkat komisariat. Selain itu juga sedang dirancang ekonomi di IPNU sehingga IPNU bisa mandiri dan bisa melatih jiwa-jiwa entrepreneur.
“Kami ingin kaderisasi IPNU di Tasikmalaya merata dan menggalakan penguatan kapasitas sebagaimana fungsi IPNU sebagai sarana atau jembatan pelajar NU menyelami keahliannya,” kata Ketua IPNU Tasikmalaya, Husni Mubarok dalam wawancara dengan NU Online, Senin (11/3) malam.
Menurutnya yang pertama sekali akan dilakukan adalah membangun dan meratakan infrastruktur organisasi dengan membuat koordinator zona di setiap zona kaderisasi di Tasikmalaya.
“Mengingat wilayah Tasikmalaya yang sangat luas dan ada beberapa derah yang agak sulit dijangkau maka kita berfikir perlu membuat koordinator untuk menjadi kepanjangan tangan dari cabang,” ujar Husni.
Untuk persoalan entreprenurship di kalangan pelajar NU Tasikmalaya, Husni mengatakan pihaknya saat ini sedang berkomunikasi permasalahan permodalan. “Dan insyaallah ini (permodalan) tersedia. Kita awali dengan bisnis kaos, dengan melihat sangat besar peluang kita di tataran sekolah dan  pesantren sering pengadaan seragam dan sebagainya,” lanjutnya.
Untuk penguatan kapasitan dan jembatannya, lanjut Husni, IPNU Tasikmalaya  akan fokus pada berbagai kajian keilmuan, penguatan skill. “Yang terpenting, kita harus bisa menyentuh seluruh daerah se-Kabupaten Tasikmalaya. Tasik ini terdiri dari 39 kecamatan dengan 351 desa,” rincinya.
Untuk menopang semua rencana tersebut, juga direncanakan mendatangkan tokoh nasional setiab tiga bulan sekali untuk memberikan motivasi dan arahan bagi pelajar NU Tasikmalaya.
“Lebih dulu diutamakan adalah penguatan pemahaman keorganisasian. Tentu setelah melaksanakan rapat formatur dan teebentuk jajaran kepengurusan akan diadakan upgrading. Upgrading ini untuk memyamakan persepsi mengamakan visi sehingga bisa terbentuk tim yang solid,” katanya.
Setelah uprgading, diusahakan untuk bisa turba dan mengadakan forum bulanan untuk semua kader. Tim yang dibentuk bisa bersama-sama membina dan memberikan pemahaman ke tataran PAC Ranting dan Komisariat. Tim juga diharapkan bisa mengkonsolidasikan semua visi, lalu bergerak bersama.
Perlu diketahui, Husni Mubarok secara resmi dan aklamasi terpilih menjadi Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kabupaten Tasikmalaya pada Konferesi Cabang XXII PC IPNU Kabupaten Tasikmalaya yang digelar di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning Salopa Tasikmalaya pada Sabtu-Ahad, 9-10 Maret 2019 lalu.
Husni merupakan kader IPNU asal Toblongan Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya yang pada Konfercab kali ini memiliki Visi Meneguhkan peran IPNU sebagai wahana pembentukan manusia terpelajar dan intelektual di era milenial. Sebelumnya banyak nama yang muncul, namun setelah mengerucut Ketua PC IPNU Kabupaten Tasikmalaya bisa terpilih secara aklamasi.
Dalam pidato perdananya usai terpilih, Ahad (9/3), Husni menegaskan bahwa sesuai dengan cita-cita pendirinya, IPNU harus memfokuskan pada gerakan Intelektual dan gerakan responsif. Menurutnya hal itu berlandaskan pada pidato KH Tolhah Mansur pada Muktamar keempat IPNU di Yogyakarta tahun 1961.
“Cita-cita IPNU adalah membentuk manusia berilmu yang dekat dengan masyarakat, bukan manusia calon kasta elit dalam masyarakat,” kata Husni mengutip KH Tolhah Mansur. (Usm/NU Online)

Tinggalkan Balasan