Sel. Jul 16th, 2019

NusaLine

Garis Info Nusantara

PC MATAN Parepare Gelar Ngobrol Sufi (Ngofi)

2 min read

Parepare, nusaline.com

Pengurus Cabang Mahasiswa Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An Nadhliyyah (PC-MATAN) Kota Perepare kembali menggelar kegiatan Ngobrol Sufi (Ngofi) bersama H. Anwar Abu Bakar Koordinator Wilayah (Korwil) MATAN Se-Sulawesi di Kantor PCNU Kota Parepare Sabtu malam (9/3).

H. Anwar Abu Bakar dalam sambutannya mengungkapkan bahwa di masyarakat luas, khususnya Sulawesi Selatan tarekat atau tasawuf masih banyak dikenal sebagai sesuatu yang asing bahkan menjadi pantangan bagi masyarakat.

“Untuk itu dengan adanya MATAN ini diharapkan bisa menjadi pencerahan atau referensi bagi masyarakat dalam mengenal dan memahami tarekat,” jelas Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan tersebut.

Lebih lanjut H. Anwar menerangkan bahwa saat ini kita telah masuk ke zaman milenial yang akrab dengan kecanggihan teknologi. Sehingga tantangannya adalah pengaruh teknologi.

“Pengaruh teknologi tanpa disadari menjauhkan kita dari nilai-nilai agama, itulah yang perlu kita hadapi selaku kader MATAN untuk mengawal perkembangan zaman, karena satu-satunya yang bisa bertahan adalah orang yang bertarekat,” ungkapnya.

Secara garis besar lanjut Anwar, pola kehidupan yang ada di masyarakat ada dual, yakni hubungan vertikal dan hubungan horisontal.

“Hubungan vertikal terkait langsung dengan Tuhan, sedangkan hubungan horizontal terkait dengan sesama makhluk hidup atau semua ciptaan-Nya. Sehingga kita perlu meningkatkan kesalehan baik kepada Tuhan maupun kepada makhluk ciptaan-Nya,” tandasnya.

Ia menyebut, saleh secara ritual dan sosial itulah yang dipelajari dalam bertarekat. “Pola kehidupan yang telah kita telah jalani sekarang ini (bertarekat) mohon di jaga, dirawat dan dilestarikan dengan satu kunci yaitu keyakinan, tidak berprasangka buruk dengan Tuhan dan sesama manusia,” terangnya lebih lanjut.

Tampak hadir dalam kegiatan itu Husain Abdullah Kepala Kemenag Parepare dan Hannani Mushiruddin Ketua PCNU Kota Parepare beserta para Kader MATAN Kota Parepare dan PC MATAN Pinrang. (drj)

Tinggalkan Balasan